Merbabu

Merbabu gunung ini letak nya di jawatengah,Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato  yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah kabupaten magelang di lereng sebelah barat dan kabupaten boyolali di lereng sebelah timur.Gunung ini pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797.
Dilaporkan juga pada tahun 1570 pernah meletus, akan tetapi belum dilakukan konfirmasi dan penelitian lebih lanjut. Puncak gunung Merbabu berada pada ketinggian 3.142 meter di atas permukaan air laut.

Jalur pendakian:
1 JALUR KOPENG Dari Jakarta bisa naik kereta api atau bus ke Semarang, Yogya, atau Solo. Dilanjutkan dengan bus jurusan Solo-Semarang turun di kota Salatiga, dilanjutkan dengan bus kecil ke Kopeng. Dari Yogya naik bus ke Magelang, dilanjutkan dengan bus kecil ke Kopeng. Dari kopeng terdapat banyak jalur menuju ke Puncak, namun lebih baik melewati desa tekelan karena terdapat Pos yang dapat memberikan informasi maupun berbagai bantuan yang diperlukan. Pos Tekelan dapat ditempuh melalui bumi perkemahan Umbul Songo. Jalur ini dimulai dari desa tekelan dimana desa ini dijadiin basecamp jalur kopeng,terus dilanjut perjlanan melewati ladang penduduk dan hutan pinus kita akan melewati perengputih ,disini tanjakn cukup terjal maka hati2lah.sampai lah  di pos 1 pending.Dari Pos I kita akan melewati hutan campuran menuju Pos II, menuju Pos III jalur mulai terbuka dan jalan mulai menanjak curam. Kita mendaki gunung Pertapan, hempasan angin yang kencang sangat terasa, apalagi berada di tempat terbuka. Kita dapat berlindung di Watu Gubug, sebuah batu berlobang yang dapat dimasuki 5 orang. Konon merupakan pintu gerbang menuju kerajaan makhluk ghaib.Pos IV yang berada di puncak Gn. Watu Tulis dengan ketinggian mencapai 2.896 mdpl ini, disebut juga Pos Pemancar karena di puncaknya terdapat sebuah Pemancar Radio.perjalanan dilanjut menuju ke jemabatan setan disini kita akan ketemu dengan para pendaki yg melalui jalur wekas,perjalanan bisa dilanjut ke puncak syarif atau puncak kenteng songo.

2 JALUR WEKAS jalur ini wekas ini merupakan jalur termudah, Untuk menuju ke Desa Wekas kita harus naik mobil Jurusan Kopeng – Magelang turun di Kaponan, yakni sekitar 9 Km dari Kopeng, tepatnya di depan gapura Desa Wekas. Dari Kaponan pendaki berjalan kaki melewati jalanan berbatu sejauh sekitar 3 Km menuju pos Pendakian,tetapi kalau gag mau jalan kaki bisa naik ojek sekitar 20rb sampe basecamp.Jalur ini sangat populer dikalangan para Remaja dan Pecinta Alam kota Magelang, karena lebih dekat dan banyak terdapat sumber air, sehingga banyak remaja yang suka berkemah di Pos II terutama di hari libur. Wekas merupakan desa terakhir menuju puncak yang memakan waktu kira-kira 6-7 jam.Pos I merupakan sebuah dataran dengan sebuah balai sebagai tempat peristirahatan. Di sekitar area ini masih banyak terdapat warung dan rumah penduduk. Selepas pos I, perjalanan masih melewati ladang penduduk, kemudian masuk hutan pinus. Waktu tempuh menuju pos II adalah 2 jam, dengan jalur yang terus menanjak curam,di pos 2 ini terdapat sumber air jadi yg mau muncak sebaiknya ngambil airnya disini aja,karena setelah pos 2 sulit air,Selepas pos II jalur mulai terbuka hingga bertemu dengan persimpangan jalur Kopeng yang berada di atas pos V (Watu Tulis), jalur Kopeng. Dari persimpangan ini menuju pos Helipad hanya memerlukan waktu tempuh 15 menit. Perjalanan dilanjutkan dengan melewati tanjakan yang sangat terjal serta jurang di sisi kiri dan kanannya. Tanjakan ini dinamakan Jembatan Setan. Kemudian kita akan sampai di persimpangan, ke kiri menuju Puncak Syarif (Gunung Pregodalem) dan ke kanan menuju puncak Kenteng Songo ( Gunung Kenteng Songo) yang memanjang.

3 JALUR SELO Jalur ini merupakan jalur terpanjang pendakian Gunung Merbabu tetapi jalur pendakian dengan view terindah,dimana terdapat sabana luas yakni sabana 1 dan sabana 2,jika anda mendaki melalui jalur ini usahakan mulai trekking di pagi hari dan jangan lupa bawa persediaan air dari bawah dikarenakan kita tidak akan ketemu dengan sumber air,untuk mencapai basecamp pendakian kita bisa jalan kaki sekitar 3km dari pasar Selo,atau bisa juga naik ojek.

info guide pendakian MERBABU

Call/Wa :085643422261
Call       : 081904007981
Pin BB  :546e1454

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *